Selasa, 13 September 2016

Pacitan, Kota Kecil yang Eksotis

oleh : Nukhan DK

Sudahkah anda mempuyai rencana liburan weekend? Hidup di perkotaan dengan segala hiruk pikuknya tak jarang membuat kita penat dengan segala rutinitas kita sehari hari.begitu pula dengan kota semarang kota yang sangat sibuk kegiatan perindustrian dan perdagangan. Bagi warga jateng khususnya warga semarang rata-rata pasti akan menjawab Jogja, Bandung atau Bali jika ditanya di mana kota wisata favoritnya. Bahkan banyak pilihan untuk melepas penat di Indonesia Tapi sebelumnya pernah kah anda berfikir satu hal tentang kota yang satu ini. Iya Pacitan.

Kota yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini mempunyai tempat wisata yang tidak kalah dengan wisata di kota kota lainya Di samping budjet, salah satu alasan buat yang sibuk bekerja atau lainnya adalah waktu.Akan tetapi tidak usah khawatir, di Pacitan sangat mudah kita tempuh. Dari Semarang menuju Pacitan hanya menempuh waktu kurang lebih 5-6 jam saja, dan mengenai masalah biaya sangat ramah kantong dan terjangkau. Pada kesempatan kali ini kita bahas mengenai obyek wisata pantai di kota Pacitan ini, walaupun masih banyak lagi destinasi wisata di kota ini. Banyak pantai yang asri dan eksotis di kota ini menjadi destinasi yang cukup ungulan dikarenakan oleh daya tariknya yang selalu menjadi alasan utama.

1. Pantai Klayar


Bagi kalian penyuka travelling siapa yang tidak mengenal si Seruling Samudra. Di pulau Timur ujung jawa itu.
Pantai yang berlokasikan di kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan sangat menawan dan benar saja Klayar selalu menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai berpasir putih ini bak magnet yang sangat erat menarik perhatian wisatan. Pantai yang baru dibuka sejak awal tahun 2012 ini menjadi salah satu destinasi terbaik di Pacitan. Salah satu alasan selain keindahan pantai dan pemandanganya adalah terdapat 2 sisi seperti tebing roboh yang bediri gagah di ujung kanan dan kiri yang membentuk seperti selasar. Tebing gagah berwarna putih menjadi gugusan tebing kapur yang sangat mempesona. Dan alasan yang sangat menarik ialah.di pantai ini kita dapat menemukan satu moment alam di mana kita dapat mendengarkan satu bunyi ombak yang menyerupai suara seruling. Menarik bukan? Hal ini terjadi karena pada saat ombak berjalan ketepi pantai dan menabrak batuan karang besar di belakang tebing..yang mempunyai lubang keatas.jadi ketika ombak menhempas sisi tebing karang sisa air ombak menerobos naik kecelah lubang itu. Seketika ketika air itu menyemprot keatas keluarlah suara seruling
Dan oleh warga sekitar di namakan seruling samudra. Kemudian air ombak yang berlari ketepian ketika menerobos karang airnya juga dapat melompati hamparan batu karang dan turun ke pantai mengalir seperti air terjun niagara mini.

2. Pantai Banyutibo

Pantai ini terletak di Desa Widoro masih satu Kecamatan dengan Pantai Klayar yaitu Kecamatan Donorejo. Tidak sulit mencari pantai ini karena masih satu jalur dengan si seruling samudra. Bagi anda yang suka melihat pemandangan dan melihat luasnya hamparan air dan suasana pantai, yang satu ini wajib anda coba. Banyu tibo berasal dari bahasa jawa yaitu "Banyu" yang artinya Air dan "Tibo" yang artinya Jatuh. Jadi pantai banyutibo adalah pantai yang airnya jatuh...kenapa ??
Selain menawarkan panorama yang eksotis pantai banyu tibo sendiri mempunyai perbedaan dengan pantai lainnya, karena di sisi sebelah selatan Pantai ini terdapat cekungan di mana di ujungnya terdpat seperti tumpukan batu besar berwarna kuning dan dari atas susuan batunya mengalir air seperti ai terjun. B ahkan jika anda beruntung  saat airnya surut kita bisa bermain dan berenang di muka banyutibo atau di bawahnya. Seperti berlibur di dua tempat dalam satu waktu bukan? Pantai dan air terjun.


3. Pantai Buyutan

Si pasir putih peneman sunset. Bagi kalian yang sangat menyukai senja atau terbenamnya matahari. Berlibur di pacitan sangat afdol jika kalian akhiri dengan menikmati waktu sore hari atau waktu terbenamnya matahari di lokasi spot pantai yang satu ini. Di pantai pasir putih yang satu ini sangat menawan dengan pantai yang membentang luas, kita dapat menikmati fenomena alam terbenamnya matahari dengan sangat indah. Kita dapat melihat lepas sunset tanpa terhalangi tebing atau lainya. Pantainya luas dan pasir masih sangat putih dan lokasi yang terjaga. Jika anda datang lebih cepat anda bisa menikmati sore dengan berenang, bermain air atau pasir sekalipun. Atau mungkin lebih memilih mendengarkan musik menikmati pemandangan dengan ditemani satu buah kelapa muda yang di jual di warung sekitar Pantai. Terserah anda dan ada banyak pilihan

Ayooo ambil kalendermu lingkari, packing tas ranselmu dan berangkat menuju kota wisata Pacitan (NDK)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mas nukhan gak ngajak2 ik

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes