Sabtu, 10 Desember 2016

Menghindari Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Pelecehan seksual khususnya dialami oleh kaum perempuan dapat terjadi di mana saja ia berada, tak terkecuali di tempat kerja. Akan tetapi hal tersebut dapat kita hindari agar Anda terlindung dari kasus pelecehan seksual di tempat kerja, coba beberapa tips di bawah ini.

Pakaian dan Makeup Yang Anda Pakai
Mungkin agak lucu jika pakaian dianggap tidak punya dampak apa-apa pada persepsi orang terhadap diri Anda. Orang akan menilai Anda dari apa yang Anda pakai, maka untuk melindungi diri sendiri, hindari memakai seragam kerja yang ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh anda.
Hindari juga memakai parfum dengan aroma menyengat atau makeup yang terlalu tebal. Sebisa mungkin hindari lipstik warna sangat merah, karena pria akan melihat ini sebagai daya tarik seksual (jika tidak percaya tanyalah pada para pria).

Hindari Lembur Seorang Diri
Kejahatan sering terjadi karena ada kesempatan, maka sebisa mungkin hindari lembur seorang diri di tempat kerja, apalagi hingga larut malam. Kalaupun sangat terpaksa, pastikan Anda tahu ada orang di bagian keamanan yang berjaga dan Anda tahu ke arah mana harus berlari jika sampai hal buruk terjadi.

Harus Tegas dan Berani
Ketika atasan atau pekerja lain mulai melakukan pelecehan, Anda yang harus tegas dan berani. Ingat, pelecehan seksual tidak hanya mengalami pemerkosaan atau disentuh bagian tubuhnya tanpa izin, kata-kata vulgar yang menjurus pada bagian tubuh Anda atau ajakan hubungan intim dapat masuk kategori pelecehan seksual.
Anda harus dengan tegas menolak dan berani membela diri Anda sendiri. Ingat, kadang orang yang melakukan tindakan pelecehan seksual terus menerus melakukan godaan karena pihak yang dilecehkan diam saja atau tidak melawan.

Laporkan Atau Minta Pindah Bagian
Jika Anda sampai mengalami pelecehan seksual dalam hal apapun, segera laporkan ke bagian HRD, lembaga perlindungan perempuan atau pihak kepolisian. Biasanya, pekerja atau atasan yang sering melakukan pelecehan punya beberapa korban, maka jangan ragu bertanya pada pekerja perempuan yang lain. Makin banyak saksi, makin bagus.

Semoga Anda tidak menjadi korban pelecehan seksual berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes